home

Selasa, 22 November 2011

Morrissey Tulis Buku Otobiografi Dirinya

Morrissey - Dia merupakan vokalis dari grup musik The Smiths. Dia berkarier di dunia musik sejak tahun 1982. Setelah The Smiths bubar pada tahun 1987, Morrissey tetap melanjutkan karier di dunia musik sebagai solois. Karya musik Morrissey memiliki dampak positif terhadap pergerakan musik di berbagai negara, bahkan majalah musik NME menyebutkan Morrissey sebagai salah satu seniman yang paling berpengaruh sepanjang masa. Di Indonesia sendiri, banyak sekali band atau group musik yang terinspirasi dari karya musik The Smiths ataupun Morrissey. 

Mantan vokalis dan penulis lagu The Smiths yang juga sukses dengan solo karirnya sejak akhir 80an, Morrissey, baru-baru ini mengabarkan bahwa buku otobiografinya telah selesai ia tulis. Namun buku itu rencananya baru akan diterbitkan tahun depan.

Dalam wawancaranya dengan BBC Radio 4 baru-baru ini yang dilansir oleh NME, Morrissey menjelaskan sudah sejauh apa perkembangan terakhir dari buku tersebut. “Yah, saya telah mencapai tahap penyusunan ulang dan pemangkasan,” katanya.
Morrissey kemudian menambahkan bahwa saat ini buku otobiografinya mencapai 660 halaman. Dan ia berpikir bahwa halaman sebanyak itu terlalu banyak untuk dibaca orang nantinya.

“Aku hanya ingin tahu apakah 660 halaman terlalu banyak untuk ditanggung oleh orang-orang. Dan saya kemudian duduk dan berpikir, ya, apakah enam halaman juga terlalu banyak buat orang-orang? Saya benar-benar tidak tahu. Maka saya sekarang memangkasnya,” ujar penyanyi yang juga dijuluki Moz ini.

Morrissey belum memastikan penerbitan mana yang akan menerbitkan otobiografinya. Namun, ia berharap bukunya bisa dirilis sebagai serial Penguin Classics.

Ini memang bukan kali pertama penyanyi Inggris legendaris itu menulis buku. Pada 1981, Morrissey pernah menerbitkan buku berjudul The New York Dolls, dua tahun kemudian bukunya James Dean is Not Dead juga terbit, dan Exit Smiling yang ia tulis pada 1980—namun kemudian ditolak—diterbitkan pada 1998.

Dalam wawancara itu juga, Morrisey ditanya mengenai kemungkinan reuni The Smiths dan ia langsung menampiknya. “Itu tidak akan terjadi. Tidak. Saya pikir tidak,” katanya.
Namun, ia memastikan bahwa dirinya tidak akan pensiun sebagai penyanyi. “Mungkin saya hanya akan melakukannya seperti para penyanyi blues tua dan mati di panggung Chicago,” tandas Morrissey.

0 komentar:

Posting Komentar